Beranda / Informasi / Potensi Desa
Berkah Rejeki dari Potongan Bebek
Rabu 10 Mei 2017

Teras – Tak hanya dikenal sebagai lumbung padi dan penghasil susu di Provinsi Jawa Tengah, Boyolali juga dikenal sebagai penghasil bebek potong. Kualitas bebek potong peternak di wilayah Boyolali diakui oleh penjual bebek goreng di kota-kota besar seperti Solo Raya, Yogyakarta dan sekitarnya.

Salah satu peternak bebek potong yang kualitasnya diakui pedagang bebek goreng ialah Peternakan bebek potong milik Amin di Desa Teras. Lelaki asal Kabupaten Kendal, Jateng ini rela merantau ke Boyolali untuk beternak bebek potong. Amin memilih beternak di Boyolali dibandingkan di Kendal karena karena masih banyak memiliki areal persawahan dan jauh dari keramaian.

“Di Boyolali areal pertanian cukup luas. Di sana masa panen padi juga sering, banyak sawah yang habis dipanen atau dikeringkan sehingga makanan bebek seperti cacing tanah tersedia banyak’’, Ujar Amin

Usaha potong bebek Amin ini masih berumur 6 bulan dan hanya dikelola berdua bersama putranya. Selama enam bulan ini, Amin telah mendapatkan omzet sekitar dua ratus ribu rupiah setiap minggunya. Omzet ini di dapat dari penjualan setiap potong bebeknya yang dihargai sekitar tiga puluh ribu rupiah dan hanya ada satu ekor bebek yamg mati.

Amin mengatakan telah memiliki pelanggan setia yakni para pedagang seafood lamongan yang berjualan di wilayah Boyolali dan sekitarnya. Amin membeli bibit bebeknya dengan harga empat ribu lima ratus rupiah setiap ekor di daerah Salakan, Sawit.

“Pelanggan disini ialah pedagang seafood Lamongan, mereka biasanya kesini kalau stok bebek sudah habis dan membeli dalam jumlah banyak karena akan dikirim ke saudara atau kerabatnya yang juga pedagang seafood lamongan,” kata Amin.

Dalam beternak bebek potong, Amin sangat disiplin dalam menjaga kesehatan bebek supaya tidak terserang penyakit dan menjaga betul kebersihan kandangnya. Amin mengeluarkan bebek dari kandangnya untuk menjemur bebeknya jam setengah 6 hingga setengah tujuh pagi Setelah bebek di jemur, dia memberikan pakan sehari dua kali jam 8 pagi dan jam 4 sore,

Dalam pemberian pakan, dia memberikan sesuai dengan umur bebek. Jika bebek berusia 0-10 hari dia memberikan pakan BR dan untuk bebek yang berusia 11 hari dia memberikan pakan campuran bekatul dan konsentrat dengan perbandingan 3:1. Dalam sehari Amin menghabiskan hingga 60 kilogram pakan yang terdiri bekatul dan konsentrat. Amin juga memberikan minum melalui keran yang disalurkan ke kandang dan rutin memberikan vitamin tambahan.

Keunggulan bebek potong Amin ialah sehat, bersih dan ketika dimasak dagingnya empuk serta tidak bau amis. kandang bebek potong milik Amin tidak menimbulkan bau. Amin membagikan tips supaya kandang bebek tidak berbau,

“Supaya kandang tidak berbau, saya bersihkan dengan air yang dicampur dengan kapur, lalu disemprotkan ke kandang ketika bebek sedang dijemur diluar. Limbah dan kotorannya langsung dialirkan ke selokan atau sungai”, Ujarnya.Amin berharap jika ada rezeki beliau akan membangun kandang bebek lagi, agar usaha bebek potong miliknya dapat berkembang.

Bagi masyarakat yang ingin membeli atau memesan bebek potong Amin silakan menghubungi di nomor 087736391789 atau datang ke Dukuh Rejosari RT 07 RW 2 Desa Teras, Kecamatan Teras, Boyolali.

Potensi Desa Lainnya