Beranda / Profil Desa / Fasilitas Umum
Fasilitas Umum

Seringkali kita mendengar istilah fasilitas sosial-fasilitas umum (fasos dan fasum) untuk menggambarkan fasilitas yang bisa digunakan publik. Dalam peraturan tentang fasilitas sosial, tak ditemukan istilah fasos dan fasum. Fasum dan fasos adalah istilah untuk prasarana lingkungan, utilitas umum dan fasilitas sosial yang dipendekkan menjadi fasos fasum untuk mempermudah penyebutannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, yang dimaksud dengan fasilitas sosial adalah fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah atau swasta untuk masyarakat misalnya, sekolah, klinik dan tempat ibadah. Sedangkan yang dimaksud fasilitas umum adalah fasilitas yang disediakan untuk kepentingan umum, misalnya jalan dan alat penerangan umum Adapun pengertian prasarana adalah kelengkapan dasar fisik lingkungan yang memungkinkan lingkungan perumahan dan permukiman dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sarana adalah fasilitas penunjang yang berfungsi untuk penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya. Sedangkan utilitas adalah sarana penunjang untuk pelayanan lingkungan.

Jalan Desa

Jalan Desa Teras terdiri dari dua jenis yakni jalan desa dan Kabupaten. Jalan desa adalah ruas jalan yang pemeliharaan serta perbaikannya menjadi kewajiban desa Teras. Jalan Kabupaten adalah jalan yang pemeliharaan dan perbaikannya menjadi kewenangan Kabupaten.  Desa Teras memiliki 1,5 kilometer jalan kabupaten dan 65 kilometer panjang jalan desa serta 2 kilometer jalan provinsi.

Sarana Ibadah

Desa Teras yang mayoritas beragama islam, Masjid dan Mushola merupakan bangunan wajib yang harus ada di desa, Desa Teras sendiri memiliki 10 masjid dan 15 surau atau musholla. Masjid dan mushola selain untuk tempat ibadah, juga sebagai salah satu tempat pengajaran tentang agama bagi masyarakat Desa Teras terutama pemuda dan putra putri Desa Teras. Desa Teras juga memiliki 1 buah gereja yang digunakan sarana ibadah penganut Nasrani.

Sarana Kesehatan

Didalam setiap desa tentunya memiliki polindes atau puskesmas desa yang menjadi pusat kesehatan masyarakat Desa Teras ini memiliki kondisi yang sangat layak digunakan untuk pelayanan pertama kesehatan. Pelayanan di polindes di lakukan oleh seorang bidan desa setempat. Puskesmas di Desa Teras juga memiliki 1 dokter, 3 perawat dan 2 bidan.

Sarana Pendidikan

Salah satu aspek yang seharusnya mendapat perhatian utama oleh setiap pengelola pendidikan adalah mengenai fasilitas pendidikan. Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang dalam proses pendidikan, seperti: Gedung, ruangan belajar/kelas, alat-alat atau media pendidikan, meja, kursi, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan fasilitas/prasarana adalah yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti: halaman, kebun/taman sekolah, jalan menuju ke sekolah. Desa Teras memiliki 3 lembaga pendidikan sataun TK sederajat dengan jumlah murid 113 orang. Dalam satuan Sekolah Dasar Desa Teras memiliki 3 sekolah dasar negeri dengan jumlah murid mencapai 365 dengan 24 guru. Dua buah sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama berada di Desa Teras dengan 750 murid dengan 100 orang guru Dalam bentuk tabel berikut kami sajikan luas tanah yang digunakan untuk fasilitas umum dan sosial di Desa Teras:

Dalam bentuk tabel berikut penggunaan dan luas tanah di Desa Teras:

Pengunaan Tanah

Luas Wilayah

Tanah Sawah Irigasi teknis

58.9000Ha

Pekarangan/bangunan/Depot & Elpiji

71.561Ha

Tegal / Kebun Lain-lain Sungai, Jalan, Kuburan

17.3748

Kantor dan Lapangan

7000 Ha

Ladang penggembalaan/pangonan

22.4850 Ha

Lapangan Olahraga

9000 Ha

Pemakaman

1,9200 Ha

Gereja

150 M2

Sarana Pendidikan

1,0990 M2

Sarana Kesehatan

1,850 M2